Kamis, 07 November 2013

Dampak Positif dan Negatif Internet


  Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan internet sudah merupakan ‘makanan’ sehari – hari dalam kehidupan, baik tua maupun muda. Bila anda mundur kembali ke 20 tahun silam, pada masa itu masyarakat masih mengandalkan media seperti televisi, surat kabar, radio yang tentunya masih memiliki keterbatasan akan keleluasaan informasi. Dengan berkembangnya internet serta dididirikannya perusahaan raksasa Yahoo (1994) dan Google (1998).
 Tidak bisa dipungkiri keberadaan internet cukup berperan dalam memajukan pengetahuan serta membantu pemecahan akan permasalahan yang dihadapi manusia melalui informasi. Namun dengan ketersediaannya sumber informasi yang tak terbatas membuat internet memiliki dampak positif dan negatif bagi pengguna.

Beberapa dampak positif dari internet yaitu:
  •  Informasi dan Pengetahuan Yang Tak Terbatas:
Anda bisa mencari berbagai informasi apapun di internet. bisa dikatakan seakan dunia yang sangat besar berada dalam genggaman.
  •  Internet Sebagai media untuk Bisnis
Berbagai macam bisnis bisa dilakukan melalui jasa antar ataupun semacam transaksi ebook
  •  Sebagai Hiburan
  •  Biaya Pengetahuan Yang terjangkau
  • Memungkinkan Anda Untuk Mengenal Orang dari Segala Penjuru Dunia
Dampak Negatif Internet
  • Informasi Yang Tak Terfilter
    Beberapa informasi yang tidak bermanfaat yang terkadang membawa pengaruh buruk bagi pengguna antara lain informasi yang bersifat pornografi, situs perjudian, kekerasan hingga informasi yang menyesatkan  
     
  • Internet Menyebabkan Kecenderungan                                                                                Banyak sekali pengguna internet yang rela menghabiskan waktu hingga seharian untuk ber-facebook ria, bermain game online dll. Kecenderungan akan internet dapat membuat orang menjadi lupa waktu serta menjadi malas.  
  •  Dampak Buruk Bagi Kesehatan tubuh 
Karena kelamaan  duduk menyebabkan masalah kesehatan jantung, otot dan aliran darah pada tubuh. Dan melihat layar terlalu lama berbahaya bagi kesehatan mata.
  • Keterbatasan Pergaulan Sosial
Banyak sekali anak muda saat ini -terutama yang masih sekolah- menghabiskan waktu mereka pada saat pulang sekolah ataupun pada akhir pekan untuk bermain internet sepanjang hari. Kecenderungan yang berat pada internet dapat berakibat pada keterbatasan pergaulan sosial secara fisik
  • Kejahatan dan Penipuan
  • Kebebasan Yang Berlebihan  
Dengan perkembangan internet yang ditunjang oleh peralatannya saat ini memungkinkan pengguna untuk memperkaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan canggih. Hal ini terkadang dapat membawa dampak negatif bila digunakan secara salah. Sebagai salah satu contoh adalah kegiatan Sex Cam atau yang secara sederhana dijelaskan sebagai hubungan seksual jarak jauh dengan memanfaatkan kamera chatting dengan orang lain ditempatnya masing – masing.


 http://artikelbahasaindonesia.org/artikel-pendidikan/dampak-positif-dan-negatif-internet/
 portal.paseban.com
 bayusonova01.blogspot.com/
 safitrinopela.blogspot.com/
 conberto.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar